menu mpasi mada. 6 mo.

Hari ini gw mau bayar utang ke mada.
menu MPASI Mada selama sebulan plus resepnya.

Setelah googling dan discuss sama dsa, gw sempat bingung mau pilih mana BLW (baby led weaning) atau bubur-buburan. Kalo diliat dari sehari-hari sepertinya mada cocok sama blw. Dia udah pengen ngerebut makanan kakak-kakaknya trus masukin ke mulut.

image

Waktu itu ditawarin jambu dan dia udah mau masukin ke mulutnya. tapi belum boleh ya nak.. 3 minggu lagi baru boleh 🙂

Ide untuk full BLW hancur karena pas discuss sama dokternya mada, dia lebih milih untuk pure atau bubur2an. dia pegang prinsip harus pelan2. mulai dari asi. MPASI dengan texture sedikit lebih kental dari asi, bisa dengan bubur asi. Sedikit demi sedikit texture nya dibikin lebih kental dari hari ke hari. Kalo BLW kan bayi langsung makan finger food. solid.

Tapi karena gw penasaran dengan BLW, gw bikin menu sebulan yang mengkombinasikan BLW dengan puree.
BLW cuma pas kalo hari libur aja. Jadi gw bisa ngawasin mada dan menikmati dia mainan dengan finger foodnya.

Untuk makanannya gw menghindari sayur dengan nitrat yang tinggi karena bisa bikin mada anemia. contoh sayur dengan kadar nitrat tinggi adalah wortel, bayam, bit, buncis.

Gw juga menghindari kasih dia pepaya dan pisang, karena banyak yang bayinya sembelit karna 2 buah itu. Hasil di tiap bayi beda sih. Tapi better ngga dulu deh.

Makanan bayi juga harus bebas dari tambahan gula, garam, kecap, msg.

Intinya makanan buat mada harus sehat dan proses ngasih makannya juga harus menyenangkan. Tapi belum kepikiran juga gimana bikin acara makannya jadi lebih menyenangkan. kalo BLW malah mungkin anaknya seneng. Nah kalo ngasih buat pure2an ini masih bingung caranya gimana. ah tanggal 20 cuti aaaah,, pengen ngasih MPASI langsung, hehehe..

Untuk bayi usia 6 bulan, makanan-makanan ini cuma buat belajar kok. 80% kecukupan gizi masih dari ASI kok. jadi jangan dipaksain juga kalo bayinya cuma mau maem dikit. namanya juga kenalan..

ini dia menu maemnya mada untuk satu bulan:

image

Beberapa contoh resepnya ada disini:
image

Resep dan menu yang dibikin diatas berasal dari hasil googling sana sini. Comot sana sini sampe jadi kayak gitu 😀

Selesai sudah satu hutang gw.alhamdulillah..23 hari lagi yah sayang.. Sabar, jangan ngambek kalo liat kakaknya mamam yaah.

2 Comments

Add yours →

  1. bu cuwi, aku ra sengojo malah nemu blog mu pas nggolek menu mpasi nggo andru.. aku sopo jaall.. lhaa, malah kon nglebokne email.. menumu kurang variatif ki.. hahahaha

Leave a Reply

katapunyaku

katakukenaparupanya

Syukriy Abdullah

Berbagi Demi Kehidupan yang Lebih Baik

Anthusiasm..

is my mid name!

