Kue Lontar, pie manis dari Papua

Ngeliat harga pie secuprit yang mahal sangat di toko kue ternama, malah bikin saya jadi senewen. Jadi keingetan juga kalo dulu lumayan sering bikin kue lontar. Pertama bisa bikin kue ini karena diajarin sama mama.

Waktu muda dulu, mama sempat dinas di Papua. Disana, mama diajarin bikin kue lontar yang terkenal itu. Rasanya manis dan gurih, mirip-mirip pie susu oleh-oleh dari Bali itu loh.

image

Kalau sempat, monggo dibikin. Rasanya enak loh. Berikut resepnya:

Kulit:
150 gr tepung terigu
1 butir telur ayam
110 gr mentega
sedikit vanili

Isian:
1 kaleng susu kental manis
3/4 kaleng Air hangat (gunakan kaleng bekas skm)
5 butir kuning telur ayam
Sedikit vanili
Sedikit garam agar rasanya gurih
Sedikit Maizena yang diencerkan dengan air

Cara membuat:
Campur semua bahan kulit, uleni, lalu bentuk kulit pie menyerupai mangkok di piring ikan (kalau piring ikan tidak ada, bisa pakai pyrex). Tusuk kulit pie dengan menggunakan tusuk gigi. Masukkan kedalam kulkas selama 15-20 menit.

Untuk isian, kocok semua bahan jadi satu jangan sampai ada yang menggumpal.

Panaskan oven 180 derajat celcius. Keluarkan kulit pie dari kulkas dan tuangkan isian kedalamnya. Panggang sampai kulit berwarna kecoklatan dan isian mengeras. Waktu memangang bervariasi tergantung dengan jenis oven yang dipakai.

Selamat mencoba!

Advertisements

18 Comments Add yours

  1. Susindra says:

    Iya ya, mirip pie bali itu.
    kalo cara tradision, kulit pie menahna dimasukan ke klkas dolo,kalo g utahu, air adonannya yg es. sama2 jadi ya mak.

    1. wah mungkin kalo pake aer es lebih praktis ya. Nanti dicoba deh..Terimakasih tipsnya πŸ™‚

  2. yantist says:

    Saya suka pie susu, jadi pengin deh makan ini. Tapi belum punya oven πŸ˜€

    1. Ayo mak Yantiiii, beli oven :))

    1. Pas liat resep ini lagi, aku juga jadi laper maaaak o_O

  3. Indah Juli says:

    Duh, kalau soal masak memasak diriku menyerah deh, beli saja atau minta dibikinin πŸ™‚

    1. mak Indah buat yang ini gampaaaaaang bgt, cuma yang rada tricky adalah pas nuang adonan susu ke kulit. Selebihnya sih gampang ko πŸ™‚

  4. Istiadzah says:

    aaahhh lafaaarrr….

    1. ayo ayo dipraktekkin resepnya πŸ™‚

  5. irowati says:

    hemm enak enak enak nih…bkinya jg gak ribet…patut dicoba…salam kenal…trimakasih info resepnya…

    1. Hai Mak Irowati, salam kenal juga. Semoga cocok sama resepnya yaa..

  6. adel says:

    hmmmm kayak pie susu bukan nieh rasa nya ?? πŸ˜€

    1. iya mak Adel, cuma lebih tebel sedikit kulitnya. Selamat nyoba ya!

  7. Oland says:

    enak nya…..bole di coba ni…

    zya cowo tapi suka sx memasak …..thx ya kk buat resepnya….ni sama kaya kue sus ya ?…

    1. Beda πŸ™‚
      lebih mirip kue pie. Ayo dicoba yaa..

  8. jathy says:

    G da bosannya dah mkn ni kue… apalg klo di masukkin ke kulkas dlu tmbh ajib dah… hehehe

    1. Bener mbak Jathy, pengen bikin lagi nih jadinya. Mumpung libur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s